Definisi Jaringan Komputer


Definisi 

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer kemudian peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Kabar dan data bergerak melampaui kabel-kabel atau tanpa reb sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang persis dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer / periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan ataupun bahkan jutaan node.

Agar agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian yang jaringan komputer meminta kemudian memberikan layanan (service). Kelompok yang meminta layanan dianggap klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini dianggap dengan sistem client-server, kemudian digunakan pada hampir semua aplikasi jaringan komputer.
Adapun klasifikasi jaringan komputer beralaskan skala antara lain:
  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Place Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Global Area Network (GAN)

Berdasarkan fungsi
Di dasarnya setiap jaringan pc ada yang berfungsi sebagai client dan juga machine. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khas didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai consumer. Ada juga yang gak memiliki komputer yang khas berfungsi sebagai server juga. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua varian jaringan komputer:

Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan istimewa sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Misalnya adalah sebuah domain misalnya http://www.detik.com yang dilayani akibat banyak komputer web hardware. Atau bisa juga tidak sedikit service/layanan yang diberikan akibat satu komputer. Contohnya merupakan server jtk. polban. air conditioner. id yang merupakan 1 komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, databases server dan lainnya.
Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host meraih menjadi server dan jua menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file showing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood muncul 5 komputer (kita beri nama A, B, C, D dan E) yang memberi hak akses bersama file yang dimilikinya. Di satu saat A login file share dari W bernama data_nilai. xls serta juga memberi akses document soal_uas. doc kepada C. Saat A mengakses document dari B maka A berfungsi sebagai client kemudian saat A memberi jaringan file kepada C hingga A berfungsi sebagai machine. Kedua fungsi itu diterapkan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti sekarang dinamakan peer to expert.

0 Response to "Definisi Jaringan Komputer"

Post a Comment